57e. Edisi 6 Juli 2015, 5-Pekan Pasca-1 Juni 2015, 6-Pekan Pra-17 Agustus 2015 Pengeposan Khusus (55-6) Menyambut: 70 Tahun Pancasila – 70 Tahun Republik Indonesia, 2015

Standar

57e. Edisi 6 Juli 2015, 5-Pekan Pasca-1 Juni 2015, 6-Pekan Pra-17 Agustus 2015 Pengeposan Khusus (55-6) Menyambut: 70 Tahun Pancasila – 70 Tahun Republik Indonesia, 2015

.

70 Tahun Pancasila
1 Juni 1945 – 1 Juni 2015

.
70 Tahun Republik Indonesia
17 Agustus 1945 – 17 Agustus 2015

.

Jalan Ideologis Trisakti-Gotong Royong
Pemerintahan Jokowi-JK yang dilantik pada 20 Oktober 2014

.
pada hakikatnya:

.
Menegakkan satu dari Panca Azimat Revolusi (Nasakom, Pancasila, USDEK, Trisakti, Berdikari) yang sejatinya “lima Panca Azimat ini tidak bisa dipisahkan satu sama lain”.

.
Yang sejatinya pula untuk mencapai sebuah Indonesia yang mengemban Ampera, Amanat Penderitaan Rakyat.

.
Yang sejatinya pula, Panca Azimat, Ampera, adalah Revolusi Indonesia yang “belum selesai”.

(Redaksi Dasar Kita)

.

♦ ♦ ♦

.

Saudara-saudara sekalian, assalammualaikum warakhmatullahi wabarakatuh!

Syukur alhamdulillah, MPRS telah menyudahi sidangnya yang berlaku beberapa hari, beberapa minggu ini, dan syukur alhamdulillah telah disampaikan kepada saya atas nama Ketua, oleh Wakil-wakil Ketua, Saudara Mashudi dan Saudara Siregar.

Sekarang saya diminta untuk mengadakan pidato pembukaan.

Tatkala saya menerima naskah itu tadi, maka yang ditulis di dalam naskah ialah hanya ketetapan tentang pemilihan umum. Pemilihan umum pasal 1, pasal 2, pasal 3, pasal 4.

Keputusan-keputusan yang lain atau ketetapan-ketetapan yang lain tidak dimaktubkan di dalam naskah yang diserahkan kepada saya itu tadi.

Hanya sekadar dari pidato pembukaan oleh Saudara Ketua, demikian pula sekadar daripada apa yang saya dengar kanan-kiri, sekadar daripada apa yang saya baca di surat-surat kabar, di samping hal yang mengenai pemilihan umum, MPRS telah mengambil keputusan-keputusan dan ketetapan-ketetapan lain yang penting pula.

Nah, tadi saya mendengar daripada Ketua bahwa saya ditetapkan oleh MPRS menjadi Mandataris daripada MPRS. Artinya bahwa saya ditugaskan untuk melaksanakan apa-apa yang telah ditetapkan atau diputuskan di dalam sidangnya yang sekarang ini.

Tapi dengan secara detail saya sebetulnya belum mengetahui apa keputusan-keputusan dan ketetapan-ketetapan daripada MPRS itu. Sebab, Saudara-saudara tadi telah mendengar dari saya, saya hanya sekadar menerima naskah ini yang hanya menyebut pemilihan umum.

[…]

MPRS telah mengambil keputusan-keputusan lain-lain yang penting-penting pula  mengenai ini mengenai itu, yang semuanya itu telah diterima baik oleh MPRS dan sekarang sebagai Ketua tadi saya dijadikan mandataris untuk melaksanakan keputusan-keputusan dan ketetapan-ketetapan itu.

Maka, saudara-saudara, pada saat sekarang ini saya hanya bisa berkata atau menjawab bahwa dalam prinsipnya, insya Allah, saya mau dan menerima dan menjadi Mandataris daripada MPRS

Tentu isinya mandat itu belum saya ketahui dengan jelas, dengan benar, dengar detail. Tetapi pada garis besarnya, pada prinsipnya, insya Allah Swt., dengan taufik dan hidayah dan inayah-Nya, saya terima menjadi Mandataris daripada MPRS.

Tadi Saudara Ketua tentu menyebut beberapa hal di dalam keputusan dan ketetapan itu. Ada mengenai pemiihan umum juga disebut, dan juga termasuk di dalam naskah ada mengenai Kabinet Ampera. Diucapkan oleh Ketua ada mengenai, apalagi tadi ya, sampai-sampai saya tidak tahu jelas apalaginya..

.

(Pidato Presiden Soekarno pada Sidang Umum IV MPRS di Istora Senayan, Jakarta, 6 Juli 1966; di dalam “Revolusi Belum Selesai” Kumpulan Pidato Soekarno 30 September 1965-Pelengkap Nawaskara, Penyunting Budi Setiyono dan Bonnie Triyana, PT Serambi Ilmu Semesta, 2014: 539-540)

ooOoo

Catatan Redaksi Dasar Kita

Menyambut 70 tahun Pancasila dan 70 tahun Republik Indonesia pada 2015 ini, secara periodik setiap Senin, terhitung sejak 1 Juni 2015 (kemudian 8 Juni, 15 Juni, 22 Juni, dan seterusnya) hingga berakhir Senin, 17 Agustus 2015, Pengeposan Khusus ini akan hadir. Dengan catatan bahwa “tradisi” pengeposan bulanan setiap tanggal 14, untuk 3 bulan ini digantikan Pengeposan Khusus pada 15 Juni, 13 Juli dan 17 Agustus.

Pengeposan Khusus hadir dengan “cuplikan-cuplikan” sambutan/pidato Soekarno yang kami kutip dari buku “Revolusi Belum Selesai” dimaksud seperti tersajikan di atas.

(Selengkapnya simak Pengeposan Khusus Edisi 1 Juni 2015/70 Tahun Pancasila).

.

ooOoo

.

Catatan untuk Pengeposan Khusus Edisi 6 Juli 2015

Tapi dengan secara detail saya sebetulnya belum mengetahui apa keputusan-keputusan dan ketetapan-ketetapan daripada MPRS itu. […] Ada mengenai pemiihan umum juga disebut, dan juga termasuk di dalam naskah ada mengenai Kabinet Ampera. Diucapkan oleh Ketua ada mengenai, apalagi tadi ya, sampai-sampai saya tidak tahu jelas apalaginya.

Demikian yang kami kutip ulang dari pidato Soekarno di atas dengan tambahan cetak tebal.

Artinya, kini, memasuki dasawarsa kedua abad ke-21, sekali lagi kami, Redaksi Dasar Kita, dengan rangkaian Pengeposan Khusus setiap Senin ini — yang mengutip buku “Revolusi Belum Selesai” cuplikan-cuplikan pidato/sambutan Soekarno dalam periode “kudeta merangkak” itu — sekadar mengingatkan lagi dan lagi.

Bahwa tercatat dalam sejarah republik ini, lembaga tertinggi para senator, lembaga tertinggi para wakil rakyat kita sulit dikatakan tidak terlibat dalam kudeta yang mengakhiri kekuasaan Soekarno “secara merangkak”.

Sekaligus juga, sulit dikatakan steril dari intervensi kaum pembohong dan agresor (di Irak-Libia — istilah Presiden Zimbabwe Mugabe) apalagi peristiwa ’65 masuk dalam daftar versi William Blum: kiprah kekerasan kaum imperialis sejak PD II.

Artinya pula, setidaknya bagi kami, pemerintahan Jokowi-JK tentunya sudah mafhum adanya, MPR RI di abad ke-21 ini, tak banyak berubah ketimbang MPRS yang membuat Soekarno “curhat”:  sampai-sampai saya tidak tahu jelas apalaginya.

Sehingga, Pengeposan Khusus ini tak lain secuil upaya Redaksi Dasar Kita agar Jokowi-JK bisa bertahan hingga 2019.

Semoga.

.

ooOoo

 .

Simak rangkaian Pengeposan Khusus:

Edisi 1 Juni 2015/70 Tahun Pancasila

Edisi 8 Juni 2015

Edisi 15 Juni 2015

Edisi 22 Juni 2015/488 Tahun Jakarta

Edisi 29 Juni 2015

Edisi 13 Juli 2015

Edisi 20 Juli 2015

Edisi 27 Juli 2015

Edisi 3 Agustus 2015

Edisi 10 Agustus 2015

Edisi 17 Agustus 2015

Tinggalkan Balasan

