71. Peng Red (69) – 14 Mar ’16

Standar

71. Pengantar Redaksi (69) – 14 Maret 2016

Kawan, Selamat Datang di blog kami pengeposan (posting) ke-69 bertarikh 14 Maret 2016.

Silakan saja simak/klik selengkapnya warita di bawah ini.

Selamat Membaca Kawan Pembaca Budiman.

Semoga media pewarta warga ini bermanfaat.

.

.

Investigators of Empirical Facts”:

Berpikir ala Machisme

Ketika “Kiri” Minus “Ultimate Aim

.

Oleh Redaksi Dasar Kita

 .

Meski tajuk di atas sepintas ‘wah’ dan memang bernarasumber dari seorang Lenin, risalah Redaksi Dasar Kita pada pengeposan kali ini, sesungguhnya sebuah warita pendek.

Kabar singkat dari kami sebuah blog pewarta warga yang mewaritakan sebuah diskusi kecil (termasuk lewat WA) dengan dua kawan (katakanlah) aktivis-kiri, di salah satu acara “Belok Kiri Festival” (BKF). Di mana yang seorang dikenal bergiat di era Soeharto sedang ‘kencang-kencang’-nya. Seorang lagi jelang Soeharto lengser. Masing-masing kami sebut saja Binsar dan Yuang.

Di sela-sela jeda diskusi BKF pada suatu hari Minggu (6/3/2016) itu, Redaksi mencoba mengamprokkan keduanya dengan mengajukan tanya pada Binsar: “Tiongkok itu Sosialis?”

Silang pendapat antara Redaksi dan Binsar yang sempat ‘seru’ disimak Yuang tanpa komen. Hingga pembicaraan terhenti berhubung sesi berikutnya acara BKF akan berlanjut – Zely Ariane pembicaranya.

Tetapi diskusi dengan Yuang terus berlanjut lewat WA. Yuang bukan saja menanggapi obrolan Redaksi-Binsar tersebut malah termasuk merespons Zely.

Redaksi mencoba merangkumnya di sini. Berharap teman-teman yang berangkat dari doktrin Marxian (setidaknya) lebih sensi pada geopolitik dunia yang hari-hari ini sedang ‘disemarakkan’ oleh OBOR (One Belt One Road).

(Selengkapnya simak/klik hlm 71a)

ooOoo

 

9.000 sorti, 400 Daerah Dibebaskan:

Apa yang telah dicapai Rusia selama 5 bulan Operasi di Suriah

.

Sumber: RT

Waktu Publikasi: 14 Maret 2016 22.16, Waktu Sunting: 15 Maret 2016 02.40

.

Dibahasaindonesiakan oleh Redaksi Dasar Kita

.

dk-71b-feb 2016-Russia left Syria

Sehubungan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan dimulainya penarikan pasukan Rusia dari Suriah, Menteri Pertahanan Sergei Shoigu telah melaporkan pencapaian operasi antiteror kepada Panglima Angkatan Bersenjata [Rusia — Red DK].

(Selengkapnya simak/klik hlm 71b)

ooOoo

.

Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia  Ahistoris

.

Arief Budiman

.

Sumber: Prisma, No 6 Juni 1983

.

TanyaAnda sering mengemukakan pendapat bahwa ilmu-ilmu sosial dalam praktiknya di Indonesia banyak yang bersifat “ahistoris”. Bisakah dijelaskan, apa maksud anda sebenarnya? Bagaimana memberikan penjelasan historis tentang keadaan ilmu sosial itu?

Jawab: Yang saya maksud historis itu adalah suatu dialektik antara yang empiris dan ide.

Dari sana sebenarnya kita memperoleh ilmu pengetahuan. Saya tidak mempersoalkan mana yang lebih penting, ide yang apriori itu atau esensi dari suatu fenomena.

Tetapi yang jelas suatu pengetahuan selalu berkaitan dengan suatu peristiwa empiris, terutama dalam ilmu sosial. Kalau pengetahuan memang muncul dari kasus-kasus tertentu, hendaknya dalam mencoba mengaplikasikannya lagi harus kita lihat keadaan empiris yang berubah. Jadi faktor kesejarahannya.

(Selengkapnya simak/klik hlm 71c)

.

ooOoo

.

Menanggapi Wawancara Prisma dengan Arief Budiman pada 1983 ….

.

Dalam pengeposan yang lalu ada dua risalah yang sesungguhnya saling terkait. Yang pertama di hlm 71a. “Investigators of Empirical Facts”: Berpikir ala Machisme, Ketika “Kiri” Minus “Ultimate Aim”. Dan yang kedua di hlm 71c. Arief Budiman: Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia Ahistoris (Prisma, No 6 Juni 1983).

.

(Selengkapnya simak/klik hlm 71d)

.

Secara kronologis, risalah ini merupakan bagian dari Pengeposan ke-70 (bulan depan) 14 April 2016. Tetapi secara tematis/pokok pembahasan terkait dengan wawancara Prisma-Arief Budiman (hlm 71c) juga “diskusi kecil” Redaksi-Binsar-Yuang (hlm 71a). Sehingga kami menempatkannya di sini pada hlm 71d (Red DK).

.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s