Militer Suriah: Pesawat-Pesawat Tempur Israel Membom Pusat Riset Dekat Damaskus.

.

Sumber: RT (Russia Today), alamat:

http://rt.com/news/israeli-warplanes-bomb-damascus-114/

Dipublikasikan: 30 Januari 2013, Pk 23.18

Disunting: 31 Januari 2013, Pk 14.09

Mengacu blog BJ Murphy The prison gates are open …, alamat:

http://redantliberationarmy.wordpress.com/2013/01/30/israeli-warplanes-bomb-research-center-near-damascus/

Dibahasaindonesiakan oleh Redaksi Dasar Kita

 

 

Jet-jet tempur Israel menargetkan sebuah pusat penelitian militer di dekat Damaskus Rabu (30/1/2013—Red) pagi, tentara Suriah mengungkapkan.

Dalam pernyataan pers, para pejabat AS menyatakan serangan Israel menghantam sebuah konvoi yang membawa senjata Suriah yang ditujukan untuk Hizbullah di Libanon.

Pimpinan umum tentara Suriah mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa serangan udara itu dilancarkan oleh Angkatan Udara Israel (AUI/IAF Israel Air Force—Red) terhadap pusat penelitian militer di Jamraya, perdesaan Damaskus.

“Jet-jet tempur Israel melanggar wilayah udara kami saat subuh hari ini dan melakukan serangan langsung pada pusat penelitian ilmiah, (lembaga—Red) yang bertanggung jawab untuk meningkatkan level perlawanan dan pembelaan diri kami,” SANA mengutip pernyataan yang disampaikan pihak militer.

Empat pesawat tempur mengambil bagian dalam serangan itu dan menjatuhkan sembilan roket, stasiun TV Lebanon Al-Manar melaporkan, mengutip sumber-sumber militer.

Penyerangan tersebut menyebabkan kerusakan material di pusat (ledakan—Red) dan bagunan di dekatnya, menewaskan dua pekerja dan melukai lima orang lainnya, imbuh pernyataan tersebut.

Pesawat tempur Israel terbang rendah untuk menghindari deteksi radar, dan “menyelinap dari utara Gunung Al-Sheikh” menurut laporan tersebut, yang menyebut serangan itu “tindakan agresi terang-terangan” terhadap Suriah dan menuduh Israel mendukung terorisme di negeri ini.

Para pejabat AS anonim  mengatakan kepada AP (Associate Press—Red) dan koran  New York Times (NYT—Red) bahwa jet Israel telah menghantam sebuah konvoi yang membawa senjata Suriah ke Libanon berbasis Hizbullah. NYT juga melaporkan bahwa Israel telah mengingatkan (warning--Red) AS sebelum serangan tersebut, mengutip para pejabat anonim itu.

Militer Suriah membantah mentah-mentah ada serangan terhadap sebuah konvoi senjata, meskipun ada laporan Reuters bahwa senjata kimia disimpan di daerah tersebut. Lamun, sumber-sumber diplomatik menuturkan kepada Reuters, “kemungkinan” bahwa konvoi itu dekat lokasi militer yang besar ketika diserang.

Hizbullah juga menyatakan bahwa target serangan itu sebuah pusat penelitian Suriah dan merupakan upaya untuk melumpuhkan kemampuan militer Suriah. Dalam sebuah pernyataan, mereka (Hizbullah—Red) menyatakan solidaritas penuh untuk “pemimpin, tentara dan rakyat” Suriah.

Israel dilaporkan merencanakan serangan udara selama beberapa hari dan dimaksudkan untuk memukul pengiriman persenjataan canggih yang ditujukan untuk Hizbullah, yang diduga termasuk senjata kimia dan rudal antipesawat buatan Rusia.

“Episode ini berlanjut pada peringatan oleh Israel kepada Suriah dan Hizbullah agar tidak terlibat dalam pengiriman persenjataan sensitif,” seorang sumber keamanan regional berujar pada Reuters.

API (Angkatan Pertahanan Israel/IDF Israel Defence Force—Red) menolak untuk mengkonfirmasi atau menyangkal keterlibatannya dalam serangan itu.

Begitu tersiar kabar mengenai serangan udara di Suriah, Wakil Perdana Menteri Israel Silvan Shalom dan Wakil Menteri Luar Negeri Danny Ayalon memperingatkan bahwa Tel Aviv tidak akan berkompromi mengenai ancaman Suriah terhadap keamanan Israel.

Sebuah pelanggaran Piagam PBB ‘

Rusia adalah negara pertama yang bereaksi terhadap berita tentang serangan udara Israel, dan mengatakan adalah perlu tindakan segera untuk memverifikasi laporan-laporan tersebut.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan di situsnya bahwa Moskwa “sangat prihatin” oleh laporan serangan Israel, yang dapat dianggap sebagai pelanggaran terhadap hukum internasional.

“Jika laporan ini sudah dikonfirmasi maka kita berhadapan dengan serangan tak beralasan terhadap wilayah berdaulat yang merupakan pelanggaran mencolok dari piagam PBB dan tidak dapat diterima tidak peduli pembenaran macam apa yang mungkin,” demikian yang tertera pada pernyataan itu.

Selain itu, Liga Arab mengecam serangan udara itu, mengutuk mereka sebagai agresi keji dan penghinaan terhadap kedaulatan Suriah.

ooOoo

Catatan Redaksi Dasar Kita

Panik!

Hanya satu kata ini dari Redaksi menanggapi serangan udara Israel atas Suriah bersumber dari RT (Russia Today) tersebut.

Bermakna paniknya kaum imperialis di Suriah!

(Komentar pendek Redaksi ini dikutip dari hlm 28 atau klik ini; gulirkan ke bawah untuk menemukannya.)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s