Warita/Risalah Khusus Pemerintah Provinsi DKI Jakarta April ’13

Gema Praksis Jati Diri-Dasar Kita ala Jokowi-Ahok

Blog Dasar Kita murni nirprofit, dan tidak ada hubungan sama sekali dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta termasuk secara personal dengan pejabat/para pejabat terkait apalagi dengan Bang Jokowi maupun Bang Ahok; ini semata karena kepemimpinan  mereka menurut hemat kami sangat pancasilais juga sangat menginspirasikan bagi perjuangan kemerdekaan jilid 2

——————————————————————————–

Pendaftaran Dimulai, Ratusan Orang Daftar Lelang Jabatan

.

Penulis : Kurnia Sari Aziza | Senin, 8 April 2013 | 17:29 WIB

.

Kompas.com, 8/4/2013

.

Kompas.com/Kurnia Sari AzizaSuasana posko seleksi promosi jabatan terbuka, lurah dan camat DKI. Di hari pertama pembukaan pendaftaran lelang jabatan lurah dan camat mendapatkan animo tinggi dari para Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI, Senin (8/4/2013).

Kompas.com/Kurnia Sari Aziza. Suasana posko seleksi promosi jabatan terbuka, lurah dan camat DKI. Di hari pertama pembukaan pendaftaran lelang jabatan lurah dan camat mendapatkan animo tinggi dari para Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI, Senin (8/4/2013).

TERKAIT:

.

JAKARTA, KOMPAS.com — Animo pegawai negeri sipil (PNS) cukup tinggi untuk menduduki jabatan lurah dan camat di Jakarta melalui proses seleksi dan promosi jabatan terbuka atau lelang jabatan. Hal itu terbukti saat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta membuka pendaftaran secara onlinepada pukul 10.00 WIB pagi, yang pada satu jam pertama sudah menjaring 134 pendaftar.

Sekretaris BKD DKI Jakarta Budi Utomo mengatakan, hingga pukul 16.00 WIB hari ini sudah ada 243 peserta yang mendaftar melalui lamanjakgov.jakarta.go.id. Dari total peserta yang mendaftar itu, 75 orang di antaranya mendaftar sebagai camat, sementara sisanya 168 orang mendaftar sebagai lurah. “Total hingga pukul 16.00 WIB sudah 243 yang mendaftar,” kata Budi di Balaikota DKI Jakarta, Senin (8/4/2013).

Budi mengatakan, jumlah PNS DKI yang berpotensi dan memenuhi syarat untuk menjadi lurah dan camat mencapai ribuan orang. Jika calon peserta mendaftar dan tidak memenuhi syarat, maka calon tersebut akan langsung ditolak oleh sistem komputer tersebut. Misalnya, pangkat atau nomor induk pegawai (NIP) tidak sesuai dengan syarat yang ditentukan, maka PNS itu tidak akan terdaftar.

“Ada sekitar enam ribuan PNS yang memenuhi syarat sebagai camat dan lurah, dari total PNS mencapai 74.283 orang,” ujar Budi.

Setelah lolos persyaratan administrasi, peserta lelang jabatan diwajibkan mengikuti ujian online pada 24-25 April 2013. Ujian online itu mencakup tes materi pembangunan, pelayanan publik, dan pemerintahan. Tiap-tiap peserta akan mendapatkan soal berbeda dengan bobot yang sama. Setelah seleksi lolos ujian online, beberapa hari berikutnya, peserta akan mengikuti tes kompetensi assesment center yang meliputi wawancara, psikologi, tulisan kompetensi, serta tes visi dan misi.

BKD DKI juga telah membuka layanan pengaduan proses lelang jabatan di nomor 021-3455552. Instansi tersebut juga membuka posko sekretariat seleksi jabatan di kantor BKD DKI, Gedung Balaikota DKI lantai 20 Blok G. Menurut Budi, akan ada beberapa panitia seleksi dari BKD DKI yang siap melayani komplain dari masyarakat maupun para pendaftar.

Mulai bulan ini, pemerintah Provinsi DKI membuka pendaftaran peserta seleksi atau promosi jabatan terbuka. Pada tahap awal, lelang jabatan ini dilakukan pada level kepala kelurahan dan kecamatan. Peraturan Pemerintah Nomor 100 Tahun 2000 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Struktural menyebutkan bahwa untuk jabatan lurah, PNS harus masuk dalam golongan terendah III-B, tertinggi III-D, dan memiliki eselon IV-A. Adapun untuk menjadi camat, PNS harus masuk golongan terendah III-D dan tertinggi IV-B dengan minimum pendidikan sarjana S-1.

Editor :

Laksono Hari W

ooOoo

Catatan Redaksi Dasar Kita

Alasan Redaksi memuat utuh warita Kompas.com ini, simak Pengantar pengeposan bulan ini di hlm 31 atau klik ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s