Obama “Kerahkan” Rakyat Hadapi Republik

Penulis : Simon Saragih

 

Senin, 12 November 2012 | 22:47 WIB

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/11/12/22472750/Obama.Kerahkan.Rakyat.Hadapi.Republik.

WASHINGTON, KOMPAS.com — Secara implisit Presiden AS Barack Obama hendak mengerahkan rakyat AS untuk menekan Partai Republik. Ini bertujuan agar kubu Partai Republik menciptakan atau menyetujui peraturan yang memungkinkan negara kembali memajaki warga terkaya AS.

Obama mengatakan, di Washington, Senin (12/11/2012), bahwa pada hari Selasa (13/11/2012), dia menemui para pemimpin serikat buruh. Ini bertujuan untuk meminta publik mendukung niatnya soal pemajakan dengan persentase lebih tinggi pendapatan warga kaya atau yang berpendapatan di atas 250.000 dollar AS per tahun.

Ketua DPR AS John Boehner (dari Partai Republik) masih mengindikasikan keberatan Partai Republlik untuk memajaki warga terkaya AS. Padahal, pajak ini diperlukan untuk menutupi defisit anggaran Pemerintah AS yang tiap tahun membengkak terus.

Pekan lalu Obama juga sudah menegaskan bahwa rakyat telah memberikan dia mandat tentang apa yang dia janjikan saat kampanye, khususnya pemajakan para warga terkaya.

“Rakyat menyetujui program saya,” katanya. Jika Partai Republik bersikeras menolak usulan Obama, tidak tertutup kemungkinan aksi protes rakyat kembali bergema.

Dalam beberapa tahun terakhir, sebuah gerakan dunia bernama”Occupy” gencar menentang kesenjangan pendapatan dan mengkritik kebijakan pemerintah yang selama ini selalu berpihak kepada para kapitalis dan warga terkaya.

Sumber: Reuters/AP/AFP Editor: Robert Adhi Ksp

.

Catatan Redaksi Dasar Kita

Untuk tanggapan Redaksi atas warita yang dimuat utuh (kecuali foto) dari Kompas.com ini simak hlm 26 atau klik ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s