Jokowi Heran Rencana Bergabung ke TPP Dikritik

.

.
Indra Akuntono

Indra Akuntono

.

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo mengaku heran dengan kritik yang muncul terkait rencana Indonesia bergabung dengan Trans Pasific Partnership (TPP). Padahal, menurut dia, Indonesia justru akan mendapat untung jika bergabung dengan TPP.

Salah satu keuntungannya adalah dapat memasok produk-produk lokal bebas dari hambatan dan pajak. (Baca: oal TPP, Faisal Basri Sebut Pola Pikir Pemerintah Terbolakbalik )

“Ketemu Obama saya bilang Indonesia bermaksud masuk TPP, yang di sini malah ramai. Kan baru bermaksud akan. Sebut namanya saja sudah ketakutan, sebelum berkompetensi,” kata Jokowi, saat memberikan penghargaan produktivitas Paramakarya, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Jokowi menegaskan, ia telah mengkalkulasi keuntungan dan kerugian jika Indonesia bergabung dengan TPP. (Baca: INDEF: TPP Tidak Sesuai dengan “Prototype” Ekonomi RI )

Produk luar negeri, dia anggap tidak akan mengganggu produk lokal karena berbeda jenis dan segmentasi. (Baca: Menurut JK, Gabung dalam TPP Justru Tingkatkan Efisiensi )

“Barang apa yang bisa menyerang ke sana dan ke sini. Misal Amerika, produk-produk IT, komputer, mobil, pesawat. Bapak ibu tidak ada yang mau buat pesawat dan komputer kan?” ungkap Jokowi.

.
Penulis: Indra Akuntono
Editor  : Sabrina Asril
ooOoo
Iklan