Pernyataan Tiongkok atas Kematian Fidel Castro

.

Diposkan: 27 November 2016 08:35 PST (Pacific Standard Time)

.

Sumber: Socialist Action, Minggu, 27 November 2016 16:35

Dibahasaindonesiakan oleh  Redaksi Dasar Kita

.

dk-79e-dead-of-castro-twiit-11-u-79fxi-jinping-2

.

Berikut adalah pernyataan resmi yang dibuat oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping atas kematian Fidel Castro. Adalah sangat menarik berhubung pernyataan ini tidak bisa memberikan selain pujian besar kepada pemimpin Kuba itu. Hal ini menunjukkan hubungan antara Kuba dan Tiongkok dan karakter Partai Komunis Tiongkok itu sendiri. Pesan ini secara resmi ditujukan kepada Raul Castro, Sekretaris Pertama Partai Komunis Kuba.

.

Dengan penuh rasa haru atas berpulangnya pemimpin revolusioner Kuba Fidel Castro, saya, atas nama Partai Komunis Tiongkok, pemerintah dan rakyat Tiongkok dan atas nama saya sendiri, menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya  kepada Anda dan melalui Anda untuk Partai Komunis Kuba, pemerintah dan rakyat Kuba, serta simpati saya yang tulus kepada keluarga Fidel Castro.

Fidel Castro, pendiri Partai Komunis Kuba dan kausa sosialis Kuba, adalah seorang pemimpin besar rakyat Kuba. Dia telah mengabdikan seluruh hidupnya untuk kausa besar rakyat Kuba atas perjuangan pembebasan nasional, menjaga kedaulatan negara dan membangun sosialisme.

Dia telah membuat kontribusi historis abadi untuk rakyat Kuba dan untuk pembangunan sosialis dunia. Kamerad Fidel Castro adalah seorang tokoh besar dari zaman kita dan akan diingat oleh sejarah dan rakyat.

Saya telah bertemu dengan Kamerad Fidel Castro berkali-kali dan melakukan pembicaraan yang mendalam dengan dia. Pengetahuan yang riil dan wawasannya yang dalam mengilhami saya, sebagaimana suara dan ekspresinya, hidup dalam ingatan saya. Baik saya maupun rakyat Tiongkok sangat merindukannya.

Kamerad Fidel Castro, yang mendedikasikan hidupnya untuk persahabatan antara Tiongkok dan Kuba, sangat menaruh perhatian dan menghargai pembangunan Tiongkok.

Sebagai hasil dari kepedulian dan dukungannya, Kuba menjadi negeri Amerika Latin pertama yang membuka hubungan diplomatik dengan Tiongkok pada 1960. Sejak itu, kedua negeri telah menjadi saksi perkembangan besar dari hubungan bilateral, berbuahkan hasil kerja sama dalam berbagai bidang serta persahabatan mendalam  antara kedua rakyat, [ini] berkat perhatian dan upaya sungguh-sungguh Kamerad Fidel Castro.

Kematian Kamerad Fidel Castro adalah sebuah kehilangan besar bagi rakyat Kuba dan Amerika Latin. Rakyat Kuba dan Amerika Latin kehilangan seorang anak cemerlang, dan rakyat Tiongkok kehilangan kamerad dekat dan kawan yang tulus. Citra kemuliaan dan pencapaianya yang akbar akan tercacat dalam sejarah.

Saya percaya bahwa di bawah kepemimpinan yang kuat dari Kamerad Raul Castro, Partai Komunis Kuba, pemerintah dan rakyat Kuba akan melanjutkan pekerjaan yang belum selesai semasa hidup Kamerad Fidel Castro, mengubah kesedihan menjadi kekuatan dan terus membuat pencapaian-pencapian baru dalam kausa konstruksi sosialis .

Persahabatan antara kedua belah pihak, kedua negeri dan kedua rakyat pasti akan terkonsolidasi dan berkembang lebih lanjut.

Kamerad Fidel Castro yang agung, akan dikenang selamanya!

***

.

dk-79f-rrt-castro-2

Fidel Castro memberikan penghormatan setelah menempatkan karangan bunga di depan patung Mao Zedong.

.

ooOoo

.

Catatan Redaksi Dasar Kita

Hemat kami tulisan singkat John Ross terkait reaksi Tiongkok atas wafatnya Fidel Castro di akun Facebook-nya, sangat menarik. Karenanya kami memuatnya utuh berikut versi Bahasa (oleh kami).

.

dk-79e-dead-of-castro-twiit-fb-ross-14

Pengeposan Facebook akun John Ross, Minggu, (27/11/2016) Waktu-Jakarta (WIB)

***

John Ross:

.

Mengapa ada reaksi sedemikian besar atas kematian Fidel di Tiongkok – menunjukkan apa itu?

Orang-orang di Eropa Barat & Amerika Serikat tidak mengerti bahwa sejauh ini kekuatan sosialis terbesar di dunia adalah pendukung Fidel Castro, di Amerika Latin, dan Partai Komunis Tiongkok, serta secara khusus Mao Zedong, di Tiongkok. Kiri di Barat [Western’ left] sangat kecil sebagai bandingannya.

Untuk memberikan gambaran, pengeposan di weibo,Tiongkok, yang saya tulis atas kematian Fidel, sejauh ini dibaca 1.428.000 kali — dan secara alami ada sangat banyak orang berpandangan kiri [people on the left] di Tiongkok yang jumlahnya jauh lebih besar dari para pengikut [followers] maupun pengaruh dari yang saya tulis tentang Fidel.

Sikap Tiongkok dan Partai Komunis Tiongkok tidak bisa menjelaskan lebih jernih. [Tetapi] dari titel ‘Kamerad Fidel Castro yang Agung akan Dikenang Selamanya’ [lihat penutup pernyataan Xi di atas] sudah menjelaskan sendiri..

Kaum kiri progresif di dunia harus menampik omong kosong picik bahwa Tiongkok adalah ‘kapitalisme’. Interaksi dari ‘Fidelista’ kiri di Amerika Latin dan kaum sosialis Tiongkok adalah lebih penting di planet ini. ‘Kiri di Barat’ perlu menemukan tempatnya dalam relasi dengan dua kekuatan sosialis dan progresif paling kuat di planet ini – di Amerika Latin dan Tiongkok.

Reaksi besar, resmi dan tidak resmi, di Tiongkok atas kematian Fidel adalah sebuah indeks tidak hanya atas kualitas tinggi pemimpin Kuba itu tetapi juga atas karakter Tiongkok.

Iklan